Inspektorat Kota Kediri
INFORMASI INSPEKTORAT

Monitoring Prodamas Plus TA. 2022

       Mulai pada hari Senin, 19 September 2022. Hari ini, Kantor Inspektorat Kota Kediri kembali melakukan jadwal tetapnya dalam memonitoring bagaimana perjalanan Prodamas Plus di masyarakat.Monitoring ini direncanakan akan dilakukan dalam waktu kurang lebih dua minggu ke depan. Pagi ini, dari Kantor inspektorat Kota Kediri mulai menurunkan sejumlah tim untuk melihat langsung ke lapangan dalam rangka memantau apakah Prodamas berjalan dengan baik pada setiap wilayah Kota Kediri.

Dikutip dari situs resminya, Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) adalah proses pembangunan dimana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan untuk memulai proses kegiatan untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri dan lingkungannya. Prodamas Plus adalah suatu program lanjutan dari Prodamas untuk mendorong partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan di tingkat kelurahan yang berbasis di wilayah RT. 

Bila warganet sekalian menengok hasil jepretan Tim Monitor pada menu galeri website Inspektorat Kota Kediri, Kita akan tahu bahwasannya realisasi Prodamas dapat berupa pembangunan infrastruktur, pemenuhan kebutuhan perlengkapan dan peralatan lingkungan setempat, maupun realisasi non fisik seperti pelatihan warga dan lainnya. Prodamas juga merupakan ajang bagi warga untuk berkreasi; mengaktualisasi dan menumpahkan kreatifitas yang dimilik...


Today's Agenda: Penilaian Kapabilitas APIP

Selasa, 2 Agustus 2022. Pada pagi hari ini, Kantor Inspektorat Kota Kediri kembali melaksanakan kegiatan Penilaian Kapabilitas APIP. Kegiatan tersebut merupakan sebuah agenda yang dilaksanakan secara periodik pada setiap anggota Aparat Pengawas Internal Pemerintah. Agenda yang dilaksanakan mulai jam sepuluh pagi ini, mendatangkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai institusi yang akan memeriksa, mengevaluasi, serta memberikan predikat kepada kinerja Inspektorat Kota Kediri. Terdapat enam elemen atau aspek yang menjadi fokus utama dalam kegiatan penilaian.

1. Elemen pengelolaan SDM

2. Elemen praktik professional

3. Elemen akuntabilitas manajemen kinerja

4. Elemen budaya dan hubungan organisasi

5. Elemen struktur dan tata kelola

6. Elemen peran dan pelayanan

Dimana dalam masing-masing elemen tersebut, terdapat komponen yang terperinci yang akan menjadi dasar pengukuran skema penilaian. 

Dalam kegiatan penilaian ini, Inspektorat Kota Kediri menargetkan untuk mampu mampu mencapai predikat di atas level tiga (dalam rentang level satu sampai empat). Dari Inspektorat Kota Kediri telah dilakukan berbagai persiapan termasuk pembentukan tim dalam rangka mensukseskan target penilaian. Sebelumnya, pada tahun 2020 Inspektorat Kota Kediri sendiri telah beberapa kali berkunjung ke Kantor BPKP di ...


New Insight: Al-Hisbah, Sebuah Fondasi Awal Lembaga Pengawas Pemerintah

Dewasa ini, kita mengenal begitu banyak sekali nama dari lembaga kepengawasan yang eksis dalam lingkup nasional. Beberapa diantaranya yang mungkin telah akrab di telinga kita adalah KPK, Ombudsman, BPK dan Inspektorat tentunya. pembagian lembaga ini pada dasarnya terdiri dari bermacam-macam jenis; pengawasan ekstern dan intern, pengawasan preventif, represif dan umum, pengawasan langsung dan tak langsung serta pengawasan formal dan informal.

Nyatanya, esensi lembaga kepengawasan pemerintah sebagai sebuah sistem kompleks telah ada dan tercatat jauh di masa lalu. Salah satu bentuknya, dapat kita temukan dalam konsep institusi Al-Hisbah yang beroperasi pada periode Islam klasik. Mulanya,  Al-Hisbah merupakan sebuah institusi yang memiliki fungsi mengawasi dan menindak lanjuti berbagai penyimpangan yang terjadi di pasar, hingga seiring berjalannya waktu dan pergantian kekuasaan, lembaga ini menjelma menjadi sebuah otoritas serba bisa yang menangani sebagian besar permasalahan kepengawasan nasional.

Sehingga, terdapat beberapa hal mendasar yang membedakan Al-Hisbah dengan konsep lembaga kepengawasan yang ada dewasa ini. Pertama, landasan dasar operasi lembaga Al-Hisbah adalah Syariat Islam. Kedua, pada masanya, Al-Hisbah ber...


Today's Agenda: Bimbingan Teknis Validasi dan Pelaporan Realisasi P3DN pada Platform SISWAS P3DN

Selasa, 19 Juli 2022. Pagi ini Kantor Inspektorat Kota Kediri menjadi fasilitator bagi kegiatan "Bimbingan Teknis Validasi dan Pelaporan Realisasi P3DN pada Platform SISWAS P3DN" yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Acara yang diselenggarakan mulai sembilan pagi ini, merupakan sebuah tindak lanjut dari rangkaian acara sosialisasi P3DN yang diadakan sebelumnya. Pada agenda hari ini, terdapat 54 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir. Masing-masing dari 54 OPD dibagi ke dalam lima sesi, sehingga acara diestimasikan usai pada pukul 15.00 WIB. Pada akhirnya, agenda hari ini pada dasarnya memiliki tujuan utama untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap produk-produk dalam negeri.

Sejalur dengan itu, Indonesia dalam konsep perhitungan pendapatan nasional; Gross Domestic Product, merupakan salah satu dari negara yang memiliki sisi consumption dan government expenditure yang tinggi; mengindikasikan bahwa masyarakat Indonesia merupakan sebuah struktur sosial yang konsumtif. Potensi ini seharusnya mampu menjadi sebuah peluang bagi pelaku usaha domestik untuk turut aktif dalam memenuhi kebutuhan produk nasional, meningkatkan perputaran ekonomi nasional serta mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap produk asing yang pastinya akan menyebabkan kemunduran ekonomi dalam negeri. Perihal terseb...


Webinar KASN Bertajuk "Menjaga Netralitas Birokrasi Dalam Era Penjabat Kepala Daerah"

Hari ini Rabu 15 Juni 2022, Inspektorat Kota Kediri turut menghadiri undangan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam webinar nasional bertajukkan "Menjaga Netralitas Birokrasi Dalam Era Penjabat Kepala Daerah". Dalam webinar yang diselenggarakan mulai pukul 09.00 hingga 12.00 wib ini, KASN menghadirkan empat orang narasumber terkait. Terdiri dari:

1. Ahmad Doli Kurnia selaku Ketua Komisi II DPR RI

2. Pahala Nainggolan selaku Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK

3. Lalu Gita Ariadi selaku Ketua Umum Forum Sekertaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi)

4. Titi Anggraeni selaku Anggota Dewan Pembina Perludem

Webinar yang diselenggarakan oleh KASN ini merupakan salah satu langkah awal yang dilakukan pemerintah dalam menyambut pergantian era kepemimpinan yang lebih bersih dan adil pada periode mendatang. Sebagaimana disebutkan, pada tahun 2024 setidaknya akan terjadi 271 pergantian kepala daerah beserta jajarannya di seluruh lini birokrasi daerah Indonesia. Angka yang tinggi ini, tentu saja akan menjadi sebuah sasaran empuk penyelewengan apabila tidak dimitigasi dan dikawal dengan baik. Berdasarkan laporan terakhir yang diberikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per 2 J...


ALAMAT
Inspektorat Kota Kediri
Jalan Sekartaji No. 10 Sumber,
Doko, Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 687305
MEDIA SOSIAL
Supported by Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2022