Inspektorat Kota Kediri
INFORMASI INSPEKTORAT

Sosialisasi Saber Pungli Terkait Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Sejak lebih dari 17 tahun program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) diluncurkan, ia telah banyak memberikan sumbangsih besar dalam misi program wajib belajar 12 tahun nasional. BOS adalah bantuan pendidikan berbentuk dana yang diberikan kepada sekolah dan madrasah untuk kepentingan nonpersonalia. Dana BOS diberikan berdasarkan jumlah siswa yang dimiliki sebuah sekolah. Saat ini, dana BOS terbagi menjadi dua, yaitu BOS yang berasal dari pemerintah pusat dan dana BOS yang berasal dari pemerintah daerah. Dana BOS pertama kali dikeluarkan pada bulan Juli 2005. dilansir dari laman Detik.com, pada periode terbaru; Maret 2022 dana BOS yang berhasil dicairkan mampu mencapai angka 2.245.609.550.000 rupiah. Ukuran angka yang sedemikian besar dinilai menjadi rawan tanpa pengelolaan yang hati-hati dan pengawasan yang teliti serta kontinyu.

Dalam rangka menyikapi hal tersebut, Senin 25 April 2022 Kantor Inspektorat Kota kediri beserta Aparat Penegak Hukum (APH) menyelenggarakan sebuah acara Sosialisasi Saber Pungli Terkait Dana Bantuan Operasional Sekolah di wilayah Kota Kediri. Di acara ini, dihadiri oleh 265 instansi SD dan SMP baik itu negeri maupun swasta yang ada di Kota Kediri. adanya acara ini diharapkan mampu mewujudkan alokasi dana BOS yang tepat sasaran dan menghindari berbagai penyelewengan...


Kegiatan Silaturrahmi dan Inspeksi OPD Pelayanan Publik Pasca Idul Fitri 1443 H

Masih dalam suasana lebaran Idulfitri 1443 H, seusai periode cuti bersama lebaran. Dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, Senin 9 Mei 2022 Inspektorat melakukan silaturrahmi sekaligus inspeksi kepada OPD Kota Kediri yang berbasis pelayanan masyarakat.

 

 OPD pelayanan merupakan instansi yang memiliki tugas pemenuhan akan kebutuhan publik di lingkup Kota Kediri, mulai dari kebutuhan akan layanan pencatatan sipil hingga layanan kesehatan, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan serta Puskesmas, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Perhubungan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Sosial dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

 

Berdasarkan hasil inspeksi dan wawancara yang dilakukan, terdapat beberapa diantara OPD Pelayanan yang aktivitasnya terus berjalan walaupun terjeda oleh liburan, salah satu diantaranya yang sangat jelas kentara adalah pada rumah sakit umum. Contoh lain yaitu Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil misalnya, sebagai salah satu OPD berbasis pelayanan publik yang juga kami datangi hari ini, mengawali hari masuk pertama  denga...


Survei Penilaian Integritas (SPI) KPK Tahun 2022

Kegiatan Survei Penilaian Integritas KPK Tahun 20222 akan kembali dilaksanakan secara online seperti tahun 2021. Survei Penilaian Integritas (SPI) merupakan survei untuk memetakan risiko korupsi dan kemajuan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (KLPD). Hasil pemetaan, diharapkan dapat dijadikan dasar untuk menyusun rekomendasi peningkatan upaya pencegahan korupsi melalui rencana aksi sesuai karakteristik masing-masing Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah serta berdasarkan hasil pemetaan empiris.

Pemerintah Kota Kediri menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama berbagai pihak yang terpilih menjadi responden dalam mensukseskan pelaksanaan SPI-KPK Tahun 2021 dengan bersedia mengisi kuosioner yang dikirim oleh KPK. Untuk diketahui, pada tahun 2021 Kota Kediri mendapatkan skor integritas sebesar 76,1 (dari rentang skala interval 0-100) dimana skor ini pada dasarnya menempati posisi diatas rata-rata nasional, yaitu 72,4. Skor indeks integritas Institusi Kota Kediri yang sebesar 76,1 merupakan gabungan/komposit dan skor penilaian integritas pegawai (internal) sebesar 77,8 poin, skor penilaian integritas publik (eksternal) sebesar 80,1 poin dan skor penilaian ahli (eksper) sebesar 76,3.

Dalam kegiatan pelaksanaan SPI pada Tahun 2022 ini, akan mulai dilakukan pemetaan/pengumpulan data calon responden. Calon responden tetap seperti tahun kemarin, terdiri dari 3 populasi yang terdiri dari pihak internal Pegawai Peme...


Monitoring RSUD Gambiran & RS Kilisuci 17 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 Inspektorat Kota Kediri melakukan kegiatan monitoring kepada RSUD Gambiran Kota Kediri dan RS Kilisuci. Kegiatan ini sebagai salah satu bagian rangkaian kegiatan inspeksi yang dilakukan lalu pada OPD berbasis pelayanan masyarakat.

Dari kegiatan monitoring yang dilakukan, didapatkan hasil sebagaimana berikut. Pada RSUD Gambiran dengan  jumlah poliklinik sebanyak 21 poli, keseluruhan dokter ASN yang bertugas hadir lengkap  dan pada 6 poli di RS Kilisuci, dokter ASN yang bertugas juga hadir keseluruhan.

Berikutnya, didapatkan informasi tebaru bahwasannya terhitung mulai tanggal 17 Mei 2022, jam operasional poliklinik RSUD Gambiran  Kota Kediri beroperasi berdasarkan 6 hari kerja. Adapun rincian jam pelayanan adalah sebagai berikut:

Jam Buka Pendaftaran Poliklinik Rawat Jalan

1. Senin s.d. Kamis : pukul 07.00 - 13.00 WIB&n...


FGD Bersama Aparat Penegak Hukum Kota Kediri

Sebagai bentuk upaya yang dilakukan pemerintah Kota Kediri untuk membangun sebuah kesepahaman serta komunikasi ‎yang lebih intens antara Pemerintah Daerah dan Aparat Penegak Hukum (APH). Pada Hari ini Kamis 2 Juni 2022, Inspektorat Kota Kediri, menjadi penyelenggara kegiatan Focused Group Discussion (FGD). Kegiatan ini pada dasarnya merupakan acara yang dilakukan secara periodik dalam lingkup Pemerintah Daerah Kota Kediri.

Dalam acara FGD pada pukul 10.00 WIB yang bertempat di ruang rapat Kantor Inspektorat ini, dihadiri oleh pihak Sekretariat Daerah, Kejaksaan Negeri Kota Kediri. Adapun agenda yang menjadi pokok utama pembahasan kali ini adalah;

1. Topik terkait pendampingan kegiatan PRODAMAS PLUS Kota Kediri yang saat ini telah memasuki tahun ke-7

2. Evaluasi berbagai proyek strategis Kota Kediri, yang sekaligus meliputi bahasan pengadaan dan realisasi

tiap anggaran kegiatan yang ada

3. Pengawalan pengembangan Program Zona Integritas di lingkup Kota Kediri

4. Evaluasi program arahan terkait Saberpungli pada tiap-tiap OPD 

5. Pengecekan dan ...


ALAMAT
Inspektorat Kota Kediri
Jalan Sekartaji No. 10 Sumber,
Doko, Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 687305
MEDIA SOSIAL
Supported by Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2022