Inspektorat Kota Kediri
INFORMASI INSPEKTORAT

3 Tahun Indonesia Maju, Apa kita benar maju (?)

Mon, 13/02/2023

10 Februari 2023 - Genap telah tiga tahun lamanya, Indonesia hengkang dari barisan negara berkembang menurut indeks yang dirilis oleh United Stated Trade Representative. 10 Februari 2020 lalu, sebuah lembaga survei dari US tersebut telah menghapus Indonesia daripada daftar negara berkembang bersama 4 negara lain. Terlepas dari itu, sebenarnya terdapat perihal lucu dibalik hengkangnya Indonesia dari daftar negara berkembang. Hal ini dikarenakan Indonesia keluar dari jajaran negara berkembang bukan dikarenakan oleh kenaikan perekonomiannya yang progresif dan signifikan, melainkan dikarenakan "tolok ukur" yang biasanya dipakai untuk mengukur tingkat perekonomian telah "diperbarui". Sederhananya, Indonesia bukan lagi negara berkembang, bukan karena Indonesia sudah maju, tapi karena alat ukurnya yang dimundurkan. Donald Trump kala itu dalam pidatonya menyebutkan, bahwasannya pembaruan daftar negara ini ditujukan agar negara yang mendapat "hak istimewa" segera berkurang.

Sebagian dari kita mungkin membenak bahwa, "Wah keren dong, Indonesia sudah menjadi negara maju". Namun apakah benar demikian?. Sebelum kita berbangga dengan embel-embel negara maju yang disematkan pada negara kita tercinta ada baiknya kita sedikit bercermin. Ada banyak sekali kaca yang bisa kita pakai untuk membuat refleksi diri; kesenjangan ekonomi, tingkat korupsi, tingkat literasi masyarakat dan lainnya. Memang Indonesia merupakan sebuah negara dengan potensi negara yang luar biasa, tetapi tak dapat dipungkiri bahwa dasarnya kita sebagai sebuah bangsa masih sangat dimanja dengan berbagai previlage negara berkembang. Seperti ketika berbagai subsidi akan dihapuskan, kita masih giat berteriak-teriak, menandakan rakyat kita masih butuh. Maka akan dikemanakan potensi kita yang tadi

Kita memang tak tahu pasti wacana apa yang ingin diusung oleh US dengan melakukan hal yang tersebut, tetapi yang jelas, fenomena ini seyogyanya harus mampu menjadi sebuah introspeksi diri bagi seluruh kita, baik itu pemerintah maupun rakyat.

ALAMAT
Inspektorat Kota Kediri
Jalan Sekartaji No. 10 Sumber,
Doko, Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 687305
MEDIA SOSIAL
Supported by Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2024