Inspektorat Kota Kediri
INFORMASI INSPEKTORAT

Kegiatan Silaturrahmi dan Inspeksi OPD Pelayanan Publik Pasca Idul Fitri 1443 H

Thu, 02/06/2022

Masih dalam suasana lebaran Idulfitri 1443 H, seusai periode cuti bersama lebaran. Dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, Senin 9 Mei 2022 Inspektorat melakukan silaturrahmi sekaligus inspeksi kepada OPD Kota Kediri yang berbasis pelayanan masyarakat.

 

 OPD pelayanan merupakan instansi yang memiliki tugas pemenuhan akan kebutuhan publik di lingkup Kota Kediri, mulai dari kebutuhan akan layanan pencatatan sipil hingga layanan kesehatan, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan serta Puskesmas, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Perhubungan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Sosial dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

 

Berdasarkan hasil inspeksi dan wawancara yang dilakukan, terdapat beberapa diantara OPD Pelayanan yang aktivitasnya terus berjalan walaupun terjeda oleh liburan, salah satu diantaranya yang sangat jelas kentara adalah pada rumah sakit umum. Contoh lain yaitu Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil misalnya, sebagai salah satu OPD berbasis pelayanan publik yang juga kami datangi hari ini, mengawali hari masuk pertama  dengan mengadakan apel pagi serta kegiatan halal bi halal. Berdasarkan pemaparan salah satu narasumber, dalam periode cuti bersama, pelayanan yang dilaksanakan oleh instansi ini pada dasarnya terus berlangsung meski tidak secara keseluruhan pelayanan dapat diberikan. Ini dikarenakan jasa pelayanan administrasi kependudukan masih terus dibuka dan dapat diakses melalui platform daring, sehingga permintaan pelayanan dari masyarakat masih terus terbuka.

 

Dalam kegiatan inspeksi yang dilakukan oleh Kantor Inspektorat, pihak kami melakukan pemeriksaan terkait ketaatan pegawai dalam hal kehadiran serta mengevaluasi bagaimana sistem pelayanan telah berjalan pasca lebaran ini, penyelenggaraan sarana prasarana penunjang, sekaligus memberikan berbagai kritik-saran dalam upaya penyelenggaraan pelayanan masyarakat yang lebih baik kedepannya.

 

ALAMAT
Inspektorat Kota Kediri
Jalan Sekartaji No. 10 Sumber,
Doko, Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 687305
MEDIA SOSIAL
Supported by Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2024