Inspektorat Kota Kediri
INFORMASI INSPEKTORAT

Today's Agenda: Penilaian Kapabilitas APIP

Tue, 02/08/2022

Selasa, 2 Agustus 2022. Pada pagi hari ini, Kantor Inspektorat Kota Kediri kembali melaksanakan kegiatan Penilaian Kapabilitas APIP. Kegiatan tersebut merupakan sebuah agenda yang dilaksanakan secara periodik pada setiap anggota Aparat Pengawas Internal Pemerintah. Agenda yang dilaksanakan mulai jam sepuluh pagi ini, mendatangkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai institusi yang akan memeriksa, mengevaluasi, serta memberikan predikat kepada kinerja Inspektorat Kota Kediri. Terdapat enam elemen atau aspek yang menjadi fokus utama dalam kegiatan penilaian.

1. Elemen pengelolaan SDM

2. Elemen praktik professional

3. Elemen akuntabilitas manajemen kinerja

4. Elemen budaya dan hubungan organisasi

5. Elemen struktur dan tata kelola

6. Elemen peran dan pelayanan

Dimana dalam masing-masing elemen tersebut, terdapat komponen yang terperinci yang akan menjadi dasar pengukuran skema penilaian. 

Dalam kegiatan penilaian ini, Inspektorat Kota Kediri menargetkan untuk mampu mampu mencapai predikat di atas level tiga (dalam rentang level satu sampai empat). Dari Inspektorat Kota Kediri telah dilakukan berbagai persiapan termasuk pembentukan tim dalam rangka mensukseskan target penilaian. Sebelumnya, pada tahun 2020 Inspektorat Kota Kediri sendiri telah beberapa kali berkunjung ke Kantor BPKP di Sidoarjo untuk melaksanakan Kordinasi Peningkatan Kapabilitas APIP.

Usaha keras untuk mampu mencapai target, merupakan bentuk keseriusan Kantor Inspektorat Kota Kediri akan komitmen nasional, yaitu mewujudkan 85% Lembaga APIP Nasional berada di atas level tiga atau integrated dalam kurun waktu lima tahun; sebagaimana dinyatakan Presiden Joko Widodo pada 2015 lalu. APIP yang telah mencapai level 3 atau "integrated" dianggap mampu melaksanakan evaluasi program, evaluasi kebijakan, memberikan layanan konsultasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas mitra yang diawasi.

ALAMAT
Inspektorat Kota Kediri
Jalan Sekartaji No. 10 Sumber,
Doko, Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
CONTACT
(0354) 687305
MEDIA SOSIAL
Supported by Dinas Komunikasi dan Infromatika Kota Kediri
|
© Copyright 2022